• foto 6
  • foto 4
  • foto 5
  • foto 2

Sambutan

Umroh Murah, Rezeki Apa Musibah? (1)

Written by Super User on . Posted in Artikel

the-kaba-02-500“Wah kok harga umrahnya mahal?”. “Saya ditawari oleh travel yang lain jauh lebih murah dari yang bapak tawarkan”.

Dialog seperti itu hampir mewarnai 90% masyarakat saat memilih biro perjalanan untuk berangkat menunaikan ibadah Umrah. Tidak sedikit, jika tidak mau dikatakan sebahagian besar masyarakat Indonesia akhirnya menjatuhkan pilihan pada Travel/ Biro perjalanan Umrah yang dirasa menawarkan harga murah. Tepatkah pernyataan Travel A lebih mahal dari Travel B yang bergerak dalam bidang jasa perjalanan Umrah?

Menurut pendapat saya berdasarkan pengalaman yang saya miliki, pernyataan lebih mahal dan lebih murah saat memilih biro perjalanan untuk melaksanakan Ibadah Umrah TIDAKLAH TEPAT jika tidak mau disebut sebagai sebuah kesalahan.

Sebagaimana hukum ekonomi yang berlaku di masyarakat dalam Jasa dan Perdagangan bahwa ada Kualitas ada Harga yang artinya jika mau mendapat barang atau jasa yang baik, maka harga yang harus dibayarpun harus tinggi begitu pula sebaliknya. Contoh paling mudah di masyarakat adalah dalam pelayanan Rumah sakit. Masyarakat kurang mampu yang tidak punya pilihan memilih Rumah Sakit saat terjadi musibah dan keluarganya di opname, harus rela masuk Rumah Sakit Pemerintah di kelas 3. Suka atau tidak suka dalam kondisi sedang tidak sehat, kita harus menerima pelayanan standard yang sering tidak memuaskan bahkan ada juga yang menyebut tidak manusiawi. Lain halnya bagi masyarakat yang berkantong tebal. Mereka dapat memilih Rumah Sakit dan Fasilitas pelayanan kamar yang mewah sehingga nyaris tidak merasakan bahwa si sakit sedang berada di Rumah Sakit. Dalam permisalan ini kita tidak dapat mengatakan bahwa Rumah Sakit Pemerintah lebih Murah dari Rumah Sakit Swasta. Biaya berobat di Rumah Sakit Pemerintah jauh lebih murah jika bandingkan dengan biaya berobat Rumah Sakit Swasta apalagi jika Rumah Sakit Swasta itu sudah berkelas internasional. Harga murah dapat pelayanan seadanya sementara harga yang mahal mendapat pelayanan istimewa. Bahkan ada perkataan ekstrim bahwa orang miskin tidak boleh sakit.

Begitupula dengan harga yang ditawarkan oleh masing- masing biro perjalan Umrah. Kita tidak dapat mengatakan yang satu lebih mahal dari yang lain karena masing-masing biro perjalanan menawarkan harga dengan menjanjikan pelayanannya masing-masing saat berada di tanah suci. Kita dapat mengatakan yang satu lebih mahal dengan yang lain jika kita pernah melakukan ibadah umrah lebih dari satu kali dimana kita mendapat harga yang sama atau lebih mahal dari biro perjalanan pertama yang kita pilih tetapi pelayanan nya lebih buruk atau lebih baik.

Pernyataan yang tepat dan harus menjadi perhatian jamaah yang akan berangkat menunaikan ibadah Umrah adalah KEWAJARAN HARGA sebuah biro perjalan Umrah untuk dapat memberangkatkan jamaahnya ke tanah suci. Mengapa saya menyebutnya sebagai kewajaran harga? Karena ada (oknum) biro perjalan Umrah yang memberi harga TIDAK WAJAR atau TIDAK MASUK AKAL dalam timbangan bahwa harga itu dapat memberangkatkan jamaah ke tanah suci. Ujung dari “perang harga” dengan label harga murah yang tidak wajar adalah GAGAL nya jamaah berangkat menunaikan ibadah umrah.

Bersambung

Joomla SEO by MijoSEF

Alamat Kami

alamat safana
PT. SAFANA NABILLA WISATA

Kantor Pusat:
Hotel Bidakara 

Jl. Jend Gatot Subroto Kav 71–73
Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12870

Telp.: +62-21 83793555
Fax.: +62-21 83706117
        +62-21 83706314

Kantor Cabang Condet:
Jl. Raya Condet, Balekambang,
Kramatjati, Jakarta Timur,
DKI Jakarta 13530

Telp.: +62-21 83685550
         +62-21 29373479
Fax. : +62-21 29373480

Hubungi Kami

Rekening Bank Kami

icon bank

Logo mandiri

Mandiri Cab. DPR RI

No. Rekening (IDR) : 102.00.0406906.5
No. Rekening (USD) : 122.00.0621439.2
Atas Nama PT. Safana Nabilla Wisata

bni

BNI Cab. Bumi Serpong Damai (BSD)

No. Rekening (IDR) : 165.333.777.3
No. Rekening (USD) : 165.333.999.6
Atas Nama PT. Safana Nabilla Wisata